Indonesia harus sudah transisi ke IFRS

Praktisi Akuntansi, kenalkah kamu sama GAAP dan IFRS ? Seorang Akuntan tentu harus kenal betul singkatan-singkatan itu. GAAP adalah singkatan dari Generally Accepted Accounting Principles atau Prinsip-prinsip  Standar Akuntansi Keuangan berlaku umum. GAAP adalah  standar umum akuntansi dan perusahaan go public yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun, dan yang digunakan oleh bisnis untuk mengatur informasi keuangan mereka menjadi catatan transaksi akuntansi yang ringkas dalam pelaporan keuangan, serta mengungkapkan informasi pendukung tertentu.

Salah satu alasan untuk menggunakan GAAP adalah agar pembaca laporan keuangan dibeberapa perusahaan memiliki dasar yang memadai untuk perbandingan, karena semua perusahaan yang menggunakan GAAP telah membuat laporan keuangan dengan menggunakan aturan yang sama.

IFRS atau International Financial Reporting Standards adalah standar akuntansi internasional yang diterbitkan oleh International Accounting Standard Board (IASB). Sejak tahun 2012 standar akuntansi yang digunakan Indonesia adalah IFRS. Dan sekarang sedang masa transisi (sebagian besar sudah berubah) untuk memulai standar baru yaitu IFRS. IAI (Ikatan Akuntansi Indonesia) mengharapkan sejak 2012 IFRS sudah di implementasikan di seluruh entitas bisnis dan pemerintah. Untuk memulai ini, seyogyanya akuntansi yang diajarkan di Sekolah terutama sekolah jurusan akuntansi sudah memulai ke arah IFRS, agar penggunaan akuntansi dengan IFRS sudah semakin dikenali dan difahami secara merata.

No comments:

Post a Comment