Fungsi Imbalan dalam MSDM

A. Definisi Imbalan atau Kompensasi
Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.
Kompensasi dibedakan menjadi dua yaitu kompensasi langsung berupa gaji, upah, dan upah insentif. Kompensasi tidak langsung berupa kesejahteraan karyawan..

B. Tujuan Pemberian Insentif 
Kompensasi mempunyai tujuan-tujuan positif. Pendapat para pakar tentang tujuan pemberian kompensasi berbagai macam, namun pada prinsipnya sama. Beberapa tujuan kompensasi menurut H. Malayu S.P. Hasibuan (2002:120) adalah sebagai berikut:
1. Ikatan Kerja Sama
Dengan pemberian kompensasi terjadilah ikatan kerja sama formal antara majikan dengan karyawan. Karyawan harus mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik, sedangkan pengusaha/majikan wajib membayar kompensasi sesuai dengan perjanjian yang disepakati.
2. Kepuasan Kerja
Dengan balas jasa, karyawan akan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisik, status sosial dan egoistiknya sehingga memperoleh kepuasan kerja dari jabatannya.
3. Pengadaan Efektif
Jika program kompensasi ditetapkan cukup besar, pengadaan karyawan yang qualified untuk perusahaan akan lebih mudah.
4. Motivasi
Jika balas jasa yang diberikan cukup besar, manajer akan mudah memotivasi bawahannya.
5. Stabilitas Karyawan
Dengan program kompensasi atas prinsip adil dan layak serta eksternal konsistensi yang kompetitif, maka stabilitas karyawan lebih terjamin karena turn-over relatif kecil.
6. Disiplin
Dengan pemberian balas jasa yang cukup besar, maka disiplin karyawan semakin baik. Mereka akan menyadari dan mentaati peraturan-peraturan yang berlaku.
7. Pengaruh Serikat Buruh
Dengan program kompensasi yang baik, pengaruh serikat buruh dapat dihindarkan dan karyawan akan berkonsentrasi pada pekerjaannya.
8. Pengaruh Pemerintah
Jika program kompensasi sesuai dengan undang-undang perburuhan yang berlaku (seperti batas upah minimum), maka intervensi pemerintah dapat dihindarkan.

C. Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Kompensasi
Sebelum perusahaan memberikan kompensasi atau imbalan kepada karyawannya ada beberapa faktor yang mempengaruhi besarnya kompensasi. Jumlah kompensasi yang diberikan tidak begitu saja, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya :
  1. Penawaran dan permintaan tenaga kerja.
  2. Kemampuan dan kesediaan perusahaan.
  3. Serikat buruh/ organisasi karyawan.
  4. Produktivitas karyawan. 
  5. Pemerintah dengan undang-undang dan kepres.
  6. Biaya hidup.
  7. Posisi jabatan karyawan.
  8. Pendidikan dan pengalaman karyawan.
  9. Kondisi perekonomian nasional.
  10. Jenis dan sifat pekerjaan.

D. Fungsi Pemberian Kompensasi
Pemberian kompensasi mempunyai fungsi dan tujuan. Menurut pendapat Susilo Martoyo (1990:100), fungsi-fungsi pemberian kompensasi adalah:
1. Pengalokasian Sumber Daya Manusia Secara Efisien.
2. Penggunaan Sumber Daya Manusia Secara Lebih Efisien dan Efektif.
3. Mendorong Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi.

Semoga artikel Fungsi Imbalan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM ) ini bermanfaat..

No comments:

Post a Comment