Pengantar Ilmu Sosial

Pengantar Ilmu sosial adalah sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Menurut Dr. H. Dadang Supardan, M. Pd. adalah sebuah karya yang sangat penting dalam memahami ilmu-ilmu sosial yang ada. Ilmu pengetahuan jika dibedakan menurut penerapanya ada tiga jenis yaitu :

- Ilmu Murni
Ilmu murni merupakan ilmu yang teorinya dipelajari sedalam-dalamnya tetapi tidak diterapkan di masyarakat. Ilmu murni juga dapat diartikan sebagai  ilmu yang bertujuan untuk meraih kebenaran demi kebenaran. Contoh dari Ilmu murni adalah Ilmu Fisika, Ilmu Matematika, Ilmu Kimia, Ilmu Sosiologi, Ilmu Sejarah, Ilmu Akuntansi dan ilmu murni lainnya.

- Ilmu Terapan
Ilmu terapan merupakan ilmu yang teorinya dipelajari sedalam-dalamnya dan juga diterapkan di masyarakat. Ilmu terapan atau teoritis mempunyai tujuan untuk diaplikasikan atau diambil manfaatnya.  Contoh: Ilmu kedokteran, Ilmu teknik, Ilmu pertanian, Ilmu hukum, Ilmu ekonomi.

- Ilmu Murni sekaligus Ilmu Terapan
Ada juga ilmu yang mencakup keduanya yaitu ilmu yang bersifat Murni dan juga bersifat terapan, sebagai contoh ilmu hukum, walaupun murni dan tidak diterapkan di masyarakat namun ilmu hukum ini seringkali dikaitkan dimasyarakat. Mengapa demikian, sebagai contoh jikalau ada sengketa tanah pastinya ilmu hukum turun dalam hal ini, karena ilmu hukum akan mengadili dengan sebaik-baiknya. Namun jika sengketa tersebut sudah selesai ilmu hukum tidak akan bergerak lagi dalam urusan tersebut. Jadi ilmu tersebut hanya menerapkanya sekali-kali saja.

Writer : Endang Suhendar
Sumber : mata kuliah Pengantar Ilmu Sosial

No comments:

Post a Comment